cara bikin IG Reels banyak penontonnya

Cara Bikin IG Reels Banyak Penontonnya, Info Langsung Dari Pusat

Platform video pendek vertikal kini menjadi andalan para kreator konten untuk menarik perhatian penonton. Instagram, melalui fitur Reels, menjadi salah satu platform favorit untuk jenis konten ini.

Meta, perusahaan induk dari Facebook, Instagram, dan WhatsApp, kini lebih mengutamakan konten video dibandingkan foto. Oleh karena itu, banyak kreator yang lebih memilih untuk mengunggah video di IG Reels.

Dalam upaya membantu kreator mendapatkan lebih banyak penonton, Meta membagikan beberapa cara bikin IG Reels banyak penontonnya. Tips ini disampaikan oleh Katie Ewer, Global Strategy Lead Reels APAC, pada acara Southeast Asia Press Day di kantor Meta Singapura, Rabu (10/8/2024).

Dalam presentasinya tersebut, salah satu poin utamanya adalah pentingnya bagian awal video Reels untuk menarik minat penonton. Menurut mereka, bagian ini sangat menentukan apakah penonton akan terus menonton atau tidak.

5 Cara Bikin IG Reels Banyak Penontonnya

5 cara bikin IG Reels banyak penontonnya

Nah berikut ini akan kami bahas tentang cara bikin IG Reels banyak penontonnya dikutip dari laman Kompastekno, yang kebetulan salah satu jurnalisnya hadir dalam event tersebut.

1. Buat intro yang menarik

Seperti yang sudah di singgung di atas tadi, untuk cara bikin IG Reels banyak penontonnya pertama adalah menciptakan intro atau pembukaan video yang sangat menarik. Bagian awal video sangat penting karena menentukan apakah penonton akan terus menonton atau pergi.

“Untuk menarik perhatian pengguna, pastikan tiga detik pertama diisi dengan konten yang unik namun tetap bermakna tanpa menjelaskan seluruh isi atau inti dari video,” ujar Katie.

2. Gunakan format vertikal untuk konten

Instagram Reels dan Stories memiliki format vertikal sebagai format default, yaitu 16:9. Meski pengguna bisa mengunggah video dengan format lain seperti horizontal 4:3 atau 1:1, Katie menyarankan untuk tetap menggunakan format vertikal.

BACA JUGA  Viral Pengantin Pria Lupa Istri Usai Akad, Ekspresinya Bikin Ngakak!

“Pengguna akan lebih puas dan nyaman menikmati konten Reels yang ditonton dalam format vertikal,” jelas Katie.

3. Buat cerita yang dekat dengan kehidupan sehari-hari

Cara bikin IG Reels banyak penontonnya  selanjutnya pastikan konten yang dibuat memiliki konsep yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. Hal ini tentu bertujuan membuat isi dari konten Reels mudah dipahami oleh pengguna.

“Konten yang mengandung fakta atau masalah umum yang dialami banyak orang juga dapat membuat Reels menjadi lebih menarik,” tambah Katie.

4. Pastikan Konten Memiliki Audio

Audio atau suara merupakan elemen penting dalam konten Reels. Katie menyatakan bahwa kehadiran audio dapat meningkatkan peluang video Reels dilihat oleh lebih banyak orang.

Suara yang digunakan bisa beragam, mulai dari audio asli, musik dari musisi terkenal, hingga voiceover. Jika bingung, pihak Meta sudah menyediakan musik di dalam IG maupun Facebook yang bisa dimanfaatkan nanti.

 “Tanpa musik, pengguna mungkin akan langsung berpindah ke video berikutnya dalam beberapa detik pertama,” imbuh Katie.

5. Pastikan Konten Ada di dalam “Safe Zone”

Dan cara bikin IG Reels banyak penontonnya yang terakhir, pastikan jika konten Reels anda berada dalam Safe Zone. Platform media sosial dengan format video vertikal, seperti Instagram, TikTok, dan YouTube Shorts, memiliki istilah yang disebut “Safe Zone”.

Untuk anda yang belum paham, Safe Zone adalah area yang aman untuk menampilkan konten Reels agar tetap terlihat jelas oleh pengguna lain. Biasanya, Safe Zone mencakup bagian paling ujung dari setiap sisi video, baik atas, bawah, kiri, maupun kanan.

Katie menjelaskan, “Pastikan konten Reels tidak memenuhi seluruh layar dan berada agak ke tengah. Jika konten ditempatkan di luar Safe Zone, bisa jadi tidak terlihat oleh pengguna lain.”