whatsapp

Chat WhatsApp Tiba-Tiba Hilang? Ini Jawabnya

WhatsApp menjadi aplikasi perpesanan paling banyak digunakan saat ini, karena menjadi tempat “ngobrol” utama, tidak jarang ada beberapa chat penting yang ada didalamnya.

Kadang-kadang pengguna WhatsApp perlu mencari riwayat chat untuk kebutuhan tertentu, seperti menyimpan percakapan penting secara pribadi contohnya. Namun, ada kalanya pengguna kesulitan menemukan pesan tersebut karena chat WhatsApp yang hilang sendiri.

Tentu kondisi ini menjadikan banyak orang panik, terlebih jika obrolan tersebut ternyata sangatlah penting. Ada beberapa faktor penyebab chat WhatsApp tiba-tiba hilang sendiri, dan sebaiknya anda ketahui agar nanti bisa lebih berhati-hati.

Penyebab Chat WhatsApp Tiba-Tiba Hilang

Chat yang hilang tanpa sebab yang jelas sering kali membuat pengguna bingung dan frustasi. Untuk membantu menjelaskan fenomena ini, Berikut ulasan tentang beberapa penyebab chat WhatsApp tiba-tiba hilang sendiri yang wajib anda ketahui.

Fitur Disappearing WhatsApp Aktif

Penyebab chat WhatsApp tiba-tiba hilang yang pertama adalah karena fitur disappearing chat di WA ini telah aktif untuk jangka waktu tertentu.

Perlu anda ketahui, jika fitur ini memungkinkan pesan untuk terhapus secara otomatis setelah waktu yang ditentukan, membantu meningkatkan privasi serta menjaga kerahasiaan obrolan dari pengguna.

Biasanya, WhatsApp akan memberikan notifikasi kepada kedua belah pihak saat fitur ini diaktifkan, sehingga semua peserta chat mengetahui bahwa pesan mereka akan dihapus otomatis. Nah umumnya pengguna tidak menyadari hal itu, sehingga pesan mereka pun hilang dengan sendirinya.

Jadi jika anda tidak ingin kehilangan chat WhatsApp secara tiba-tiba, sebaiknya untuk mematikan fitur Dissapearing WhatsApp tersebut.

whatsapp update

Masalah Sinkronisasi

Selain soal fitur dissapearing WhatsApp yang aktif, penyebab lainnya juga bisa terjadi karena sinkronisasi. Perlu anda ketahui, jika aplikasi yang identik dengan warna hijau tersebut memakai penyimpanan cloud berupa Google Drive (android) dan iCloud (iPhone).

Fungsinya adalah mencadangkan pesan atau obrolan WhatsApp tersebut, sehingga pada saat pengguna berganti perangkat maka bisa mengembalikan pesan WhatsApp di perangkat lama ke perangkat yang baru dengan nomor sama.

BACA JUGA  Link Download RAM HP Apk Penambah RAM Android Gratis!

Namun, fitur canggih ini bukan tanpa masalah. Permasalahan ini akan muncul jika proses sinkronisasi terganggu karena koneksi internet tidak stabil selama proses pencadangan atau pemulihan.

Jika kondisi ini terjadi, maka proses  cadangan bisa menjadi tidak lengkap atau korup, sehingga hal ini bisa menyebabkan hilangnya pesan.

Maka dari itu untuk anda pengguna WhatsApp, sebaiknya saat proses pencadangan berlangsung pastikan sudah selesai 100%. Selain itu

Jadi, penting untuk memastikan koneksi internet stabil saat melakukan pencadangan atau pemulihan pesan di WhatsApp untuk menghindari masalah sinkronisasi yang bisa menyebabkan hilangnya pesan.

Prose Perpindahan Akun WhatsApp

Penyebab chat WhatsApp tiba-tiba hilang selanjutnya ini ada kaitannya dengan masalah sinkronisasi tadi. Seperti yang sudah di singgung di atas tadi, jika perpindahan akun WhatsApp ke perangkat lain menimbulkan resiko yang cukup besar jika pengguna ceroboh.

Kecerobohan disini adalah pengguna tidak memastikan jika semua data WhatsApp di Hp lama sudah di sinkronkan 100% ke penyimpanan cloud mereka. Nah jika kondisi ini terjadi, maka pada saat data di import pada perangkat baru, maka beberapa pesan akan hilang.

Menghapus Sendiri

Dan penyebab yang terakhir adalah karena kesalahan dari pengguna WhatsApp itu sendiri. Entah karena ke pencet atau aplikasi WhatsApp digunakan anak kecil, sehingga secara tidak sengaja pesan atau obrolan dengan pengguna tersebut menjadi terhapus.

Lantas bagaimana ? sebenarnya masalah ini bisa diatasi dengan cara melakukan import ulang data dari penyimapanan cloud tadi. Hanya saja tidak menjadi jaminan, pasalnya untuk proses backup ini ada jangka waktu yang diterapkan, mulai dari harian, mingguan, atau bulanan.

Itulah beberapa alasan mengapa chat WhatsApp tiba-tiba hilang dengan sendirinya. Pastikan untuk selalu melakukan backup yang benar dan berhati-hati dalam mengelola chat agar data penting tidak hilang. Selamat mencoba!