iPhone SE 4

Spek Varian Murah iPhone Terbaru Mulai Terungkap

Ada kabar terbaru menyebutkan, jika iPhone SE generasi ke empat kni tengah sedang dikembangkan oleh pihak Apple.  Seperti generasi sebelumnya, iPhone SE ini biasanya memiliki spesifikasi yang lebih sederhana dan harga yang lebih terjangkau dibandingkan versi reguler keatas.

Dan kabar ini dikuatkan dengan munculnya bocoran spesifikasi iPhone SE 4 di internet baru-baru ini. Bocoran ini datang dari tipster gadget terkenal, Ice Universe, yang kita ketahui sering kali memberikan bocoran yang akurat malalui forum Weibo.

Bocoran Spesifikasi iPhone SE 4

Menurut klaim Ice Universe, iPhone SE 4 akan dilengkapi layar berukuran 6,06 inci dengan refresh rate mencapai 60 Hz. Tentu,ini adalah peningkatan dari generasi sebelumnya yakni iPhone SE 3 yang dirilis pada tahun 2022 dengan ukuran 4,7 inci.

Jika bocoran yang diungkapkan oleh Ice Universe ini benar, maka ukuran layar iPhone SE 4 akan hampir sama dengan iPhone 15 yang memiliki layar 6,1 inci. Tentu hal tersebut membuat iPhone SE 4 bukan pilihan yang cocok bagi mereka yang mencari smartphone berukuran kecil yang nyaman untuk dimasukkan ke dalam saku.

Yang menariknya lagi, Ice Universe juga mengungkapkan bahwa iPhone SE 4 akan menjadi series SE pertama dari Apple yang menggunakan panel layar OLED, menggantikan panel LCD yang digunakan pada model sebelumnya.

Kabarnya, iPhone SE 4 diperkirakan akan dijual di kisaran harga 499 dollar AS (setara Rp 8 juta) hingga 549 dollar AS (setara Rp 8,9 juta), dan dirumorkan akan dirilis sekitar Maret hingga Mei 2025 mendatang.

Berbeda dengan pendahulunya, iPhone SE 4 diperkirakan akan menggunakan layar OLED yang menawarkan keunggulan seperti tampilan warna hitam yang lebih pekat dan kontras warna yang lebih baik dibandingkan layar LCD.

bocoran iPhone SE 4

Desain iPhone SE 4 juga akan mengalami perubahan signifikan, dengan menghilangkan tombol “Home” yang ikonik serta bezel yang tebal, sehingga membuat desainnya lebih mirip dengan lini iPhone 15.

Bagian punggung ponsel ini kabarnya akan dilengkapi dengan satu kamera beresolusi cukup besar untuk kelas iPhone, yakni beresolusi 48 MP.

BACA JUGA  Bandingkan Tingkat Keamanan Android Vs iOS

Masuk pada bagian dapur pacu, kabarnya iPhone SE terbaru akan menggunakan chip Apple A18 Bionic, yang kemungkinan juga akan digunakan pada iPhone 16.

Jika kabar ini benar, maka bakalan menjadi peningkatan yang luar biasa untuk divisi iPhone SE, karena untuk generasi sebelumnya selalu memakai chipset versi lawas.

Konon, chipset iPhone SE 4 juga akan dipasangkan dengan RAM LPDDR5 berukuran 6 GB atau 8 GB, meskipun kapasitas media penyimpanannya belum diketahui. Lalu untuk urusan konektivitasnya, kabarnya iPhone SE 4 bakal pakai modem dari Qualcomm atau milik Apple sendiri.

Kabarnya iPhone SE 4 kemungkinan akan dilengkapi dengan sensor Face ID, menggantikan sensor pemindai sidik jari (fingerprint) Touch ID.  Jika kabar ini benar, maka akan menjadi perangkat iPhone SE pertama dengan dukungan fitur tersebut.

Untuk mengikuti trend yang ada di perangkat smartphone, pihak Apple juga bakal menggantikan port konektor Lightning yang selama ini digunakan ke port USB-C.

Bocoran iPhone 17

Selain memberikan bocoran soal iPhone SE 4, dalam kesempatan yang Ice Universe juga mengungkapkan spesifikasi dari seri iPhone 17 yang akan datang.

Dalam bocoran tersebut, ia menyebutkan jika nantinya iPhone 17 bakalan hadir dengan empat varian, diantaranya iPhone 17 reguler, iPhone 17 Pro, iPhone 17 Pro Max, dan yang terbaru akan hadir dengan menggunakan nama iPhone 17 Pro Slim.

iPhone 17 reguler dan iPhone 17 Pro dikabarkan bakal menggunakan layar berukuran 6,27 inci. Sementara itu, iPhone 17 Pro Slim akan dilengkapi dengan layar berukuran 6,65 inci, dan iPhone 17 Pro Max akan memiliki layar terbesar dengan ukuran 6,86 inci.

iPhone 17 series ini dirumorkan bakal memiliki refresh rate 120 Hz ProMotion, fitur Dynamic Island dan teknologi LTPO. Jika rumor ini benark, maka menunjukkan bahwa model reguler dari iPhone 17 akan memiliki teknologi layar yang setara dengan model Pro.

Ice Universe mengklaim bahwa pada bagian fotografi pada iPhone 17 Pro dan Pro Max akan mendapatkan peningkatan signifikan dibandingkan seri sebelumnya.

BACA JUGA  Resmi Rilis di Indonesia, Berikut Spesifikasi dan Harga Vivo Y36 Series!

Untuk varian iPhone 17 Pro dirumorkan akan memiliki tiga kamera 48 MP, yaitu kamera utama, telefoto, dan ultra wide, serta dilengkapi dengan sensor Time of Flight (ToF).

Lalu untuk dapur pacunya, Chipset Apple A19 Bionic akan diandalkan menjadi “otak” dari iPhone 17 dan 17 Slim, sementara model Pro akan menggunakan chip A19 Pro yang lebih canggih. Chip A19 Pro ini dirumorkan akan diproduksi dengan proses fabrikasi 3 nm oleh TSMC.

iPhone 17 dan 17 Slim dikabarkan akan memiliki ukuran RAM yang cukup besar yakni mencapai 8 GB, sementara model paling tinggi yakni iPhone 17 Pro dan Pro Max akan dibekali RAM 12 GB.

Untuk melengkapi spesifikasinya, disematkan pula port USB-C dan Face ID sebagai fitur keamanan. Lalu untuk versi reguler akan memakai bingkai aluminium, dan model Pro memakai bingkai titanium.

Selain bocoran spesifikasi, ice Universe juga mengungkap kisaran harga perangkat tersebut. Harga iPhone 17 reguler diperkirakan mulai dari 799 dollar AS (setara Rp 12,9 juta), sedangkan versi Slim dibanderol sekitar 1.299 dollar AS (sekitar Rp 21 juta).

Lalu untuk varian lebih tinggi yakni iPhone 17 Pro diperkirakan akan dibanderol 1.099 dollar AS (setara Rp 17,8 juta) dan 17 Pro Max seharga 1.199 dollar AS (sekitar Rp 19,4 juta).

Ice Universe juga menyebutkan bahwa seri iPhone 17 series ini kemungkinan akan diluncurkan pada bulan September 2025 mendatang.