hp xiaomi

HP Xiaomi Bakal Hadir Tanpa Tombol Fisik Sama Sekali

Produsen ponsel terus berlomba-lomba menciptakan perangkat dengan desain dan fitur yang semakin inovatif. Salah satu kabar terbaru datang dari perusahaan asal China yakni Xiaomi.

Perusahaan tersebut dilaporkan tengah mengembangkan ponsel tanpa tombol fisik, baik untuk tombol power maupun volume. Ponsel ini diharapkan akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Menurut informasi dari tipster chunvn8888 yang diposting di Twitter/X, Xiaomi sedang dalam tahap awal pengembangan perangkat flagship baru dengan kode nama Zhuque. Perangkat ini diharapkan siap dirilis pada paruh pertama tahun 2025.

Meskipun bocoran ini tidak memberikan detail spesifik tentang teknologi yang akan menggantikan tombol fisik tersebut, ada kemungkinan Xiaomi akan mengadopsi solusi  yang menarik dan canggih.

Contohnya seperti kontrol gerakan, tepian ponsel yang sensitif terhadap tekanan, atau perintah suara untuk menggantikan fungsi tombol fisik tradisional yang umum digunakan saat ini.

xiaomi

Xiaomi dikabarkan sedang mempersiapkan ponsel baru yang tidak hanya membawa fitur-fitur inovatif, tetapi juga dilengkapi dengan performa tinggi berkat chipset Snapdragon 8+ Gen 4.

Chipset ini akan menjadi andalan pada ponsel misterius Xiaomi tersebut, dan juga pada Xiaomi 15S Pro yang rencananya akan diluncurkan antara April dan Juni 2025.

Snapdragon 8+ Gen 4 diprediksi akan memberikan performa yang lebih unggul dibandingkan dengan Snapdragon 8 Gen 4 yang dijadwalkan rilis pada Oktober tahun ini, menurut laporan dari GSM Arena.

Selain itu, ponsel Xiaomi ini juga akan mengusung teknologi kamera di bawah layar (UDC) untuk kamera selfie, teknologi yang pernah digunakan Xiaomi pada model Mix 4 di tahun 2021.

Dengan teknologi ini, kamera selfie tersembunyi di bawah layar, memberikan pengalaman tampilan layar penuh tanpa gangguan.

Sementara itu, konsep ponsel tanpa tombol fisik sebenarnya sudah diperkenalkan beberapa tahun lalu. Pada tahun 2019, Vivo sempat memperkenalkan Vivo Apex Concept.

Jika anda ingat, dalam prototipe ponsel tersebut menggunakan tombol kapasitif atau sensor sentuh sebagai pengganti tombol fisik, serta linear motor untuk memberikan umpan balik yang menyerupai tombol fisik.

BACA JUGA  Pengguna iPhone Baru Wajib Tahu Ini Untuk Maksimalkan Fiturnya

Teknologi ini juga telah diterapkan pada beberapa ponsel gaming seperti Asus ROG dan Nubia Red Magic, meski penggunaannya masih terbatas pada tombol trigger di bahu ponsel, dan belum menggantikan fungsi tombol power dan volume.

Nah untuk mendapatkan update informasi terbaru lagi, maka kita tunggu saja bocoran lebih detail terkait Hp Xiaomi baru tersebut.