oppo a3

Dijual Mulai Rp 2 Jutaan, OPPO A3 Punya Body Tahan Banting

Oppo secara resmi meluncurkan smartphone kelas menengah terbarunya, Oppo A3, di Indonesia pada Senin (2/9/2024).

Sebelum hadir di Tanah Air, ponsel ini lebih dahulu dirilis di negara asalnya China pada bulan Juli 2024 lau. Dengan menghadirkan teknologi yang canggih dan fitur-fitur unggulan, Oppo A3 digadang-gadang menjadi salah satu smartphone terkuat di kelas mid-range.

Salah satu keunggulan dari Oppo A3 ini adalah keberhasilannya lolos uji sertifikasi militer MIL-STD-810H, yang mengukur ketahanan perangkat dalam kondisi ekstrem seperti suhu tinggi, tekanan rendah di ketinggian, suhu rendah, dan getaran.

Standar militer ini memastikan perangkat tetap tangguh dalam berbagai situasi, termasuk paparan cairan dan radiasi sinar matahari.

Selain itu, smartphone ini sudah mengantongi sertifikasi IP54 yang membuktikan kemampuannya dalam menahan debu dan air.

Oppo A3 juga dilengkapi dengan fitur Splash Touch, yang dirancang untuk meningkatkan responsivitas layar meski dalam kondisi basah, sehingga tetap nyaman digunakan di berbagai situasi.

Dengan berbagai uji ketahanan yang ketat dan fitur-fitur andalannya, Oppo A3 dirancang untuk memberikan pengalaman pengguna yang optimal dalam segala situasi, baik untuk keperluan sehari-hari maupun aktivitas yang lebih ekstrem.

spesifikasi oppo a3

Spesifikasi Oppo A3 Indonesia

Untuk spesifikasi Oppo A3 di Indonesia menawarkan layar LCD 6,67 inci dengan resolusi HD Plus (1.604 x 720 piksel), refresh rate 90 Hz, dan touch sampling rate 180 Hz.

Dengan rasio layar mencapai 89,9 persen, ponsel ini memberikan tampilan yang luas dan kecerahan maksimum hingga 1.000 nits, sehingga nyaman digunakan di bawah sinar matahari. Kerapatan pikselnya mencapai 264 ppi, yang memastikan detail visual tetap terlihat jelas.

Layar ponsel ini juga sudah dilengkapi perlindungan dari kaca China Southern dan Panda, menjadikannya lebih tahan terhadap goresan dan benturan.

Lalu pada bagian atas layar disematkan lubang punch hole yang digunakan sebagai rumah kamera selfie 5 MP dengan bukaan f/2.2 dan sudut pandang 78 derajat, cukup untuk menangkap foto diri dengan detail yang baik.

BACA JUGA  4 Cara Screenshot iPhone Paling Gampang

Untuk kamera belakang, Oppo A3 di Indonesia dibekali kamera utama 50 MP dengan bukaan f/1.8 dan sudut pandang 74 derajat.

Kamera ini juga dilengkapi dengan sensor flicker dan fitur canggih seperti AI Portrait Retouching, Dual View Video, dan Retouching Video, yang mendukung kebutuhan fotografi dan perekaman video. Sebagai tambahan, terdapat LED flash yang membantu pencahayaan dalam kondisi minim cahaya.

Perlu dicatat bahwa desain kamera belakang Oppo A3 di Indonesia berbeda dengan yang di rilis pada pasar China beberapa waktu lalu.

Untuk versi Indonesia, kamera oppo A3 ini ditempatkan dalam modul persegi yang terlihat lebih elegan, sementara versi China menggunakan modul berbentuk lingkaran. Desain ini menambah kesan modern pada ponsel.

Berpindah pada sektor dapur pacunya, Oppo A3 Indonesia dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 6S Gen 1 yang mendukung konektivitas 4G.

Chipset octa-core ini dipadukan dengan GPU Adreno 610 untuk menghasilkan kinerja grafis yang lebih baik, terutama dalam penggunaan aplikasi berat dan gaming.

Chip ini dipadukan dengan RAM 8 GB tipe LPDDR4X dan penyimpanan internal 128 GB menggunakan teknologi eMMC 5.1, yang menawarkan kinerja cepat dalam memproses data.

Jika kapasitas RAM dan storage terasa kurang, pengguna Oppo A3 dapat memanfaatkan fitur RAM Expansion untuk memperluas RAM hingga 8 GB.

Selain itu, ponsel ini juga mendukung ekspansi penyimpanan dengan kartu microSD, sehingga pengguna bisa menyimpan lebih banyak file, foto, dan video tanpa khawatir kehabisan ruang.

Untuk menemani aktifitas pengguna, Oppo A3 dilengkapi baterai besar berkapasitas 5.100 mAh yang diklaim mampu mempertahankan 80% performanya bahkan setelah digunakan selama lebih dari empat tahun, berkat uji Perlindungan Kelancaran 50 Bulan.

Hal ini dimungkinkan oleh Trinity Engine, sebuah teknologi yang mengoptimalkan penggunaan daya komputasi, sehingga membuat kinerja ponsel tetap lancar dan efisien, baik saat digunakan untuk produktivitas maupun hiburan.

Oppo A3 juga mendukung pengisian cepat dengan teknologi SuperVOOC 45 Watt, yang mampu mengisi daya hingga 50% dalam waktu 30 menit. Teknologi pengisian cepat ini memberikan kenyamanan bagi pengguna yang memiliki mobilitas tinggi dan memerlukan ponsel siap pakai dalam waktu singkat.

BACA JUGA  Download Minecraft ModCombo Apk v.1.18.3 Unlimited Money!

Meskipun Oppo belum mengonfirmasi sistem operasi yang digunakan, kemungkinan besar Oppo A3 akan berjalan dengan Android 14, yang dilapisi oleh antarmuka ColorOS 14.

Fitur-fitur lain yang melengkapi spesifikasi Oppo A3 meliputi mode Ultra Volume, pemindai sidik jari, face unlock, port USB Type-C, Bluetooth 5.0, jack headphone 3,5 mm, NFC, dan GPS, sehingga memberikan pengalaman pengguna yang lebih lengkap dan praktis dalam keseharian.

harga oppo a3

Harga Oppo A3 di Indonesia

Harga Oppo A3 di Indonesia dibanderol cukup terjangkau, yakni Rp 2,5 juta untuk varian RAM 8 GB dan penyimpanan internal 128 GB.

Ponsel ini menawarkan tiga pilihan warna menarik, yaitu Starlight White, Sparkle Black, dan Starry Purple. Dengan desain yang modern, Oppo A3 dirancang untuk memberikan pengalaman pengguna yang memuaskan.

Secara fisik, Oppo A3 memiliki dimensi 165,77 mm x 76,08 mm x 7,68 mm dengan bobot hanya 186 gram, sehingga nyaman digenggam dan digunakan sehari-hari. Meski memiliki bodi ramping, ponsel ini tetap memberikan performa yang tangguh untuk kebutuhan multitasking maupun hiburan.

Ponsel ini mulai dijual secara eksklusif di salah satu marketplace pada 2 September hingga 8 September, sebelum akhirnya tersedia di berbagai marketplace rekanan Oppo mulai 9 September.

Pengguna dapat dengan mudah mendapatkan Oppo A3 ini baik secara online maupun di gerai-gerai resmi Oppo di seluruh Indonesia.