iphone 16

Melihat Spesifikasi iPhone 16 dan iPhone 16 Plus Dijual Mulai Rp 12 Jutaan

iPhone 16 dan iPhone 16 Plus resmi diperkenalkan pada acara Apple Event yang digelar Selasa dini hari waktu Indonesia Barat (10/9/2024). Meskipun perubahan desainnya tidak terlalu signifikan, peningkatan performa kedua ponsel ini cukup mencolok.

Salah satu fitur unggulan yang hadir di iPhone 16 adalah dukungan Apple Intelligence. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat gambar melalui Playground, mencari gambar berdasarkan deskripsi di Photos, menulis email, merangkum notifikasi, serta menggunakan Siri terbaru dengan kemampuan lebih canggih.

“iPhone 16 menawarkan pengalaman yang lebih intuitif dengan Apple Intelligence,” kata Craig Federighi, wakil presiden senior bidang rekayasa perangkat lunak Apple dikutip dari laman Inet.detik.

Spesifikasi iPhone 16 dan iPhone 16 Plus

Kita awali pembahasan kali ini pada bagian display, di mana iPhone 16 hadir dengan layar OLED berukuran 6,1 inci, sedangkan iPhone 16 Plus memiliki layar lebih besar, yakni 6,7 inci.

Kedua model tersebut dilengkapi teknologi Super Retina XDR dan HDR, serta dilapisi kaca keramik yang tahan gores dengan pelindung oleophobic.

Layar ini mampu mencapai tingkat kecerahan maksimal hingga 2000 nits dan tingkat kecerahan minimal 1 nits, memberikan pengalaman visual yang memanjakan mata pengguna.

fitur iphone 16

Lalu untuk bagian hardware, iPhone 16 dan iPhone 16 Plus ditenagai oleh chipset A18 Pro yang menawarkan peningkatan signifikan.

Apple mengklaim bahwa kinerja CPU-nya 30% lebih cepat dibandingkan iPhone 15, sedangkan kemampuan grafisnya meningkat hingga 45%.

Tingkat efisiensi daya pun juga ditingkatkan, dengan penghematan hingga 30% dibandingkan generasi sebelumnya, berkat penggunaan teknologi 3nm pada chipset tersebut.

Menurut Sribalan Santhanam, VP Silicon Engineering Group Apple, teknologi 3nm ini tidak hanya membuat kinerja lebih cepat, tetapi juga jauh lebih hemat energi dibanding pendahulunya. Chipset A18 Pro menjadikan kedua model ini unggul dalam hal kecepatan dan efisiensi daya.

Sementara itu pada sisi fotografinya, kedua model dilengkapi dengan kamera belakang ganda. Kamera utama beresolusi 48 MP dengan teknologi Sensor-shift OIS untuk menghasilkan gambar yang stabil.

BACA JUGA  Lebih Mahal Dari Mi 11 Ultra, Bocoran HP Xiaomi Baru Beredar!

Sementara untuk kamera keduanya memakai lensa ultra-wide 12 MP memungkinkan pengambilan gambar dengan sudut yang lebih lebar.

Lalu untuk memenuhi kebutuhan foto selfie, ponsel ini memiliki Kamera depan 12 MP dengan teknologi Time-of-Flight (ToF) mendukung selfie dan video call berkualitas tinggi.

Fitur baru bernama Camera Control mempermudah pengguna dalam mengoperasikan kamera. Dengan hanya menekan tombol Camera Control, pengguna bisa langsung mengatur fungsi kamera, seperti memperbesar (zoom) atau mengontrol fitur kamera lainnya.

camera iphone 16

Tombol ini merupakan fitur taptic dengan fungsi yang bisa bervariasi tergantung pada tekanan dan gerakan yang diberikan oleh pengguna.

Selain itu, kamera utama iPhone 16 beresolusi 48 MP memungkinkan pengguna mengambil foto dengan detail luar biasa.

Di samping itu, terdapat kamera ultra wide 12 MP yang dapat memotret objek dengan sudut yang lebih luas, cocok untuk foto makro maupun pemotretan di kondisi cahaya rendah dengan hasil yang lebih terang dibandingkan generasi sebelumnya.

Desain iPhone 16 dan iPhone 16 Plus tetap mengutamakan elegansi, dengan bagian belakang berbahan kaca dan bingkai aluminium. Posisi kamera belakang kini disusun secara vertikal, berbeda dari model sebelumnya yang diagonal.

Kedua ponsel ini juga telah dilengkapi dengan sertifikasi IP68, yang membuatnya tahan terhadap air dan debu, sehingga lebih tahan lama dalam berbagai situasi. Teknologi Face ID tetap menjadi fitur andalan dengan pengenalan wajah 3D yang akurat dan cepat untuk keamanan pengguna.

Sebagai pelengkapnya, iPhone 16 dan iPhone 16 Plus hadir dengan dukungan konektivitas canggih, seperti Bluetooth 5.4, Wi-Fi 6E, dan USB Type-C.

Kedua ponsel ini sudah dilengkapi dengan fitur pengisian daya cepat dan pengisian nirkabel MagSafe, namun tetap tidak menyediakan jack headphone 3,5 mm, mirip dengan model sebelumnya.

Teknologi visual intelligence yang hadir di iPhone 16 kini semakin memudahkan pengguna dalam mencari dan mengakses berbagai hal.

iPhone 16 diklaim mampu memberikan pengalaman bermain game yang lebih seru berkat teknologi sistem pendingin terbaru.

Sistem ini membuat performa perangkat tetap stabil hingga 30% lebih baik dibanding pendahulunya, sehingga ponsel tidak cepat panas saat digunakan untuk bermain game dalam waktu lama.

BACA JUGA  Padahal Penting, Fitur iPhone 14 Ini Malah Tak Banyak Diketahui

Peningkatan lainnya ada pada fitur ray tracing, yang kini ditingkatkan hingga 5x lebih baik, membuat frame rate saat bermain game menjadi lebih halus dan responsif. Fitur ini sangat cocok bagi para gamer yang mengutamakan visual berkualitas tinggi dan performa grafis yang mumpuni.

harga iphone 16

Harga iPhone 16 dan iPhone 16 Plus di Indonesia

Dengan spesifikasi mentereng yang dimilikinya, pasti banyak para Apple Fanboy yang penasaran dengan banderol harganya.

Di Indonesia, Untuk harga iPhone 16 dibanderol mulai dari USD 799 atau sekitar Rp 12,3 juta untuk varian dengan kapasitas penyimpanan 128GB. Sementara itu, harga iPhone 16 Plus dijual dengan harga mulai dari USD 899 untuk versi 128GB.