iphone 16 pro

iPhone 16 Pro dan Pro Max Juga Hadir dengan Spek Makin Garang

Apple kembali mengguncang dunia teknologi dengan peluncuran ponsel terbaru mereka iPhone 16 dan 16 Plus. Selain kedua ponsel itu, iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max juga dirilis dalam acara Apple Event yang diadakan pada Selasa dini hari WIB (10/9/2024).

Meski tampilan luar kedua perangkat ini terlihat serupa dengan generasi sebelumnya, Apple telah menghadirkan beberapa peningkatan signifikan.

Salah satu daya tarik utama dari iPhone 16 Pro ini adalah kemampuan kameranya yang lebih canggih, menjadikannya pilihan ideal bagi Anda yang menginginkan kualitas foto dan video terbaik.

Peningkatan ini tentu saja semakin memperkuat posisi iPhone sebagai perangkat premium di pasar ponsel pintar.

“Ditenagai oleh chip A18 Pro yang lebih cepat dan efisien, serta dirancang khusus untuk mendukung Apple Intelligence, iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max menjadi ponsel tercanggih yang pernah kami buat,” ujar Greg Joswiak, Senior Vice President Worldwide Marketing Apple dikutip dari laman InetDetik.

Spesifikasi iPhone 16 Pro dan 16 Pro Max

Yang membuat menarik, varian Pro kali ini hadir dengan ukuran layar yang sedikit lebih besar dibandingkan pendahulunya.

Untuk iPhone 16 Pro, ukuran layarnya meningkat menjadi 6,3 inci, sedangkan iPhone 16 Pro Max memiliki layar sebesar 6,9 inci.

Ini merupakan peningkatan dari model sebelumnya, yaitu iPhone 15 Pro yang memiliki layar 6,1 inci dan iPhone 15 Pro Max yang berukuran 6,7 inci.

Dengan ukuran layar yang lebih luas, iPhone 16 Pro series menawarkan pengalaman visual yang lebih baik, baik untuk menikmati konten multimedia maupun produktivitas sehari-hari.

Tak ketinggalan, varian Pro ini juga dilengkapi dengan tombol Camera Control yang menjadi salah satu fitur unggulan, mirip seperti pada iPhone 16 lainnya.

harga iphone 16 pro

Lalu pada bagian dapur pacunya, ponsel ini juga ditenagai oleh chipset A18 Pro yang dibangun dengan proses fabrikasi 3 nm, iPhone 16 Pro memiliki performa yang luar biasa dengan 16 core neural engine yang meningkatkan efisiensi serta kecepatan perangkat.

BACA JUGA  MIUI di HP Xiaomi Bakal Diganti HyperOS?

Dibandingkan dengan A17 Pro, CPU A18 Pro mampu bekerja 15% lebih cepat, sementara GPU 6 core-nya menawarkan kemampuan ray tracing dua kali lipat lebih baik, memberikan pengalaman grafis yang lebih halus dan realistis.

Di sektor kamera, iPhone 16 Pro dilengkapi dengan kamera utama 48 MP Fusion Camera yang mampu menangkap detail dengan sangat baik.

Kamera ini dipadukan dengan kamera ultra-wide 48 MP dan lensa telephoto 12 MP tetraprism yang memiliki kemampuan zoom optik 5x, fitur yang sebelumnya hanya terdapat di iPhone 15 Pro Max.

Kombinasi ini membuat iPhone 16 Pro mampu menghasilkan foto berkualitas tinggi dalam berbagai situasi.

iPhone 16 Pro kini hadir dengan kemampuan video yang lebih canggih, termasuk fitur Cinematic Slow Motion yang memungkinkan perekaman dalam resolusi 4K pada 120fps.

Menariknya, pengguna dapat mengubah frame rate secara dinamis selama perekaman, memberikan fleksibilitas lebih dalam proses pengambilan video sesuai kebutuhan.

Fitur Camera Control pada iPhone 16 Pro juga mempermudah pengguna dalam memilih format video, misalnya jika video tersebut akan diposting di media sosial.

Selain itu, Apple menambahkan fitur Audio Mix yang memungkinkan pengguna memilih dan menyesuaikan audio yang diperlukan untuk konten yang mereka buat, sehingga hasil akhirnya lebih optimal.

Harga iPhone 16 Pro dan 16 Pro Max

iPhone 16 Pro hadir dengan bodi titanium yang tangguh dan elegan, tersedia dalam empat pilihan warna yaitu hitam, putih, natural, dan varian baru desert titanium.

Untuk harga iPhone 16 Pro dibanderol dengan harga mulai dari USD 999 atau sekitar Rp 15,4 juta untuk varian penyimpanan 128GB.

Sementara itu, harga iPhone 16 Pro Max ditawarkan mulai dari USD 1.199 atau sekitar Rp 18,5 juta untuk kapasitas yang sama. Kedua model ini akan mulai dijual secara resmi pada 20 September mendatang.