redmi 14C

Tanda Kehadiran Xiaomi Redmi 14C di Indonesia Semakin Dekat

Nampaknya dalam waktu dekat ini Indonesia bakalan kedatangan ponsel murah yang berasal  dari dua vendor sekaligus, yakni Xiaomi dan Tecno.

Perusahaan Xiaomi diprediksi akan merilis Redmi 14C, sementara Tecno diperkirakan akan meluncurkan Tecno Spark 30C dalam waktu dekat.

Tanda-tanda kehadiran dua ponsel murah ini terlihat dari sertifikat yang diterbitkan oleh dua otoritas penting di Indonesia.

Sertifikasi ini pertama kali terdaftar di laman Postel oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Lalu untuk sertifikat lainnya terbit di laman Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian.

Yang pertama pada laman Postel, PT Xiaomi Technologi Indonesia mengajukan sertifikat dengan nomor 102825/SDPPI/2024 pada 28 Agustus 2024, yang mencantumkan nomor model Redmi “2409BRN2CY” atau yang diperkirakan akan hadir dengan nama “Redmi 14C”.

Selain itu, PT Carlcare Service ILA mendaftarkan perangkat Tecno dengan model “KL5n” yang diyakini akan dipasarkan sebagai Tecno Spark 30C, melalui sertifikat nomor 102984/SDPPI/2024 pada 2 September 2024.

sertifikasi redmi 14C

Pantauan lebih lanjut juga menunjukkan bahwa dua perangkat ini telah terdaftar di laman TKDN. Redmi 2409BRN2CY mendapat nilai TKDN 38,2 persen dan tercatat sebagai smartphone 4G, sementara Tecno KL5n memiliki nilai TKDN 35,05 persen.

Hal ini semakin memperkuat prediksi bahwa kedua smartphone ini akan segera hadir di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pengguna dengan anggaran terbatas.

Redmi 14C dan Tecno Spark 30C telah terdaftar di laman sertifikasi TKDN dan Postel, menandakan bahwa keduanya sudah memenuhi persyaratan untuk dipasarkan di Indonesia.

Namun, hingga saat ini, baik Xiaomi maupun Tecno belum memberikan konfirmasi resmi terkait peluncuran dua ponsel baru tersebut di Tanah Air.

Jika resmi diluncurkan, Redmi 14C kemungkinan besar akan menjadi penerus dari Redmi 13C yang saat ini dijual dengan harga mulai dari Rp 1,5 juta.

Sedangkan Tecno Spark 30C diprediksi menjadi penerus Tecno Spark 20C yang saat ini dijual mulai dari Rp 1,2 juta. Perkiraan harga kedua ponsel baru ini pun diperkirakan tidak akan jauh berbeda dari pendahulunya.

BACA JUGA  Oppo K10 Harga dan Spesifikasi Lengkap! Harga 2 Juta Kamera 50MP!

Meski begitu, hanya Redmi 14C yang sudah resmi dirilis di luar Indonesia, sementara Tecno Spark 30C masih belum diumumkan secara resmi.

Spesifikasi Redmi 14C

Redmi 14C terlebih dulu meluncur di pasar Eropa, tepatnya di Ceko pada 31 Agustus 2024, sebelum resmi masuk ke Indonesia.

Untuk spesifikasinya, Remdi 14C hadir dengan layar IPS LCD berukuran 6,88 inci, yang sedikit lebih besar dibandingkan pendahulunya, Redmi 13C yang berlayar 6,7 inci.

Kecerahan layar Redmi 14C mencapai 600 nits, memastikan tampilan tetap jelas meski digunakan di bawah sinar matahari langsung sekalipun.

Layar Redmi 14C juga mendukung refresh rate hingga 120 Hz, memberikan pengalaman menggulirkan layar yang lebih halus dan responsif.

Resolusi layar yang dihadirkan adalah HD Plus, cukup untuk mendukung tampilan visual yang tajam. Di bagian atas layar, terdapat rumah kamera depan beresolusi 13 MP yang berbentuk tetesan air, meningkat dari pendahulunya yang hanya dibekali kamera depan 8 MP.

Berpindah pada bagian punggungnya, Redmi 4C memliki modul kamera berbentuk lingkaran yang menempati sepertiga bagian atas ponsel.

Di dalam modul tersebut, terdapat empat lingkaran kecil, yang dua di antaranya adalah kamera belakang.

Kamera utama Redmi 14C memiliki resolusi 50 MP, sementara kamera kedua masih belum diungkap secara detail. Selain itu, terdapat lampu LED flash serta satu lingkaran lagi dengan tulisan 50 MP, menegaskan resolusi kamera utama ponsel ini.

redmi 14C

Berpindah pada sector dapur pacunya, Xiaomi Redmi 14C dibekali chipset MediaTek Helio G81 Ultra yang menawarkan kinerja lebih baik dengan kecepatan CPU hingga 2.0 GHz.

Chipset ini memiliki konfigurasi yang mirip dengan Helio G80, menggunakan Cortex-A75 dan Cortex-A55. GPU yang digunakan tetap Mali-G52 MC2, yang memastikan kinerja grafis yang optimal untuk penggunaan sehari-hari maupun gaming ringan.

Di Eropa, Xiaomi Redmi 14C hadir dengan tiga pilihan RAM, yaitu 4GB, 6GB, dan 8GB, serta dua varian penyimpanan internal, yakni 128GB dan 256GB. Jika pengguna membutuhkan ruang penyimpanan lebih, terdapat slot MicroSD untuk menambah kapasitas.

BACA JUGA  Perbandingan Samsung Galaxy A51 vs Samsung Galaxy A32, Pilih Mana?

Ponsel ini juga memiliki baterai berkapasitas besar 5.160 mAh yang mendukung pengisian cepat 18W. Dengan fitur ini, pengguna dapat lebih cepat mengisi daya untuk aktivitas yang lebih panjang.

Xiaomi Redmi 14C juga dilengkapi sensor sidik jari yang terintegrasi dengan tombol power, memudahkan akses keamanan, serta tersedia jack audio 3,5mm untuk keperluan audio.

Meskipun tidak disebutkan secara langsung, kemungkinan besar Redmi 14C akan menggunakan sistem operasi terbaru, Android 14, mengingat tren yang berlaku pada ponsel terbaru saat ini.

Untuk anda yang penasaran dengan harga Redmi 14C, di Ceko ponsel ini dijual senilai  2.999 Koruna Ceko (sekitar Rp 2,1 juta) untuk varian 4GB/128GB. Sementara varian  8GB/256GB dijual senilai 3.699 Koruna Ceko (sekitar Rp 2,5 juta).