ios 18

Fitur di iOS 18 Bikin HP iPhone Makin Aman dari Pencurian?

Seiring dengan meningkatnya angka pencurian ponsel, khususnya iPhone, Apple terus berinovasi dalam mengembangkan teknologi untuk melindungi pengguna dari risiko ini.

Salah satu langkah terbaru yang diambil Apple adalah memperkenalkan fitur yang lebih canggih pada iOS 18, yang bertujuan untuk memperketat keamanan perangkat iPhone.

Fitur ini memungkinkan perangkat dan komponen iPhone seperti baterai, kamera, dan layar untuk terhubung langsung dengan akun Apple pengguna, menjadikannya lebih sulit bagi pihak yang tidak berwenang untuk menggunakan atau menjual komponen tersebut di pasar gelap.

Fitur ini pertama kali diumumkan pada April lalu dan diperkirakan akan segera dirilis dalam waktu dekat. BetaProfiles telah menemukan build Release Candidate iOS 18 untuk para penguji beta dan pengembang, yang berisi opsi untuk mengaktifkan Activation Lock pada komponen iPhone.

Fitur ini bertujuan untuk menekan peredaran komponen iPhone yang berasal dari perangkat curian, mengingat iPhone yang memiliki Activation Lock seringkali dibongkar dan dijual bagian komponennya karena masih memiliki nilai jual tinggi.

ios 18

Melalui fitur ini, jika sebuah iPhone rekondisi menggunakan komponen dari iPhone lain, pesan error akan muncul. Pengguna perlu memasukkan kredensial akun Apple yang terhubung dengan komponen tersebut agar bisa diverifikasi dan digunakan dengan benar.

Namun, dalam implementasinya, masih terdapat beberapa kekurangan. BetaProfiles melaporkan bahwa pengguna dapat melewati Activation Lock dengan memilih opsi ‘Cancel’ pada halaman tersebut, sehingga perangkat tetap dapat digunakan tanpa harus memasukkan kredensial Apple Account yang diminta.

Dengan kehadiran fitur ini diharapkan dapat mengurangi jual beli komponen iPhone ilegal, meskipun penyempurnaan lebih lanjut masih diperlukan untuk meningkatkan keefektifannya dalam mencegah penyalahgunaan.

Komponen yang belum diverifikasi akan diberi tanda ‘Unknown Part’ di bagian Pengaturan. Meski demikian, hal ini tidak akan mempengaruhi kinerja komponen tersebut, seperti yang dilaporkan oleh Android Authority pada Minggu (15/9/2024).

Apple menyatakan bahwa fitur Activation Lock dirancang untuk membatasi kalibrasi komponen yang tidak terverifikasi. Selain itu, fitur ini juga dapat menghambat fungsi tertentu, seperti Face ID, jika komponen yang digunakan tidak mendapatkan verifikasi resmi.

BACA JUGA  Punya RAM 6 GB, HP infinix Terbaru Dijual 1 Jutaan!

Fitur Activation Lock ini akan tersedia sebagai bagian dari pembaruan iOS 18, yang rilis pada 16 September kemarin. Namun, perlu dicatat bahwa saat ini Activation Lock hanya dapat digunakan di perangkat iPhone dan belum mendukung iPad yang menjalankan iPadOS 18.