Aplikasi Buku Induk Siswa Full Version Free Pilihan Tepat Pendataan Cepat

Buku induk siswa menjadi hal penting bagi sekolah dalam mencatat semua data diri siswa dari awal masuk hingga lulus bahkan termasuk data diri orang tua. Dengan adanya aplikasi buku induk siswa full version free akan membantu dalam kerapihan dan meminimalisir adanya data yang rusak.

Penjelasan Buku Induk Siswa

Buku induk siswa merupakan sekumpulan data dari siswa dari mulai awal berdirinya sekolah. Data diri siswa mulai dari indentitas siswa, data diri orang tua siswa, prestasi, dan nilai siswa. Maka dari itu buku ini sangat tebal dan dapat menampung lebih dari berates data siswa.

Proses pencatatan siswa dimulai sejak lolos seleksi hingga siswa telah lulus dari sekolah tersebut. Biasanya buku induk siswa ditulis oleh administrasi sekolah atau TU. Penyimpanan buku ini berada pada tempat yang aman dan mudah dalam pengambilanya seperti pada lemari besi.

Fungsi adanya buku ini untuk mengetahui informasi siswa dari segi kondisi di dalam sekolah maupun luar sekolah. Buku induk ini ditulis secara manual sehingga mudah rusak jika tersimpan terlalu lama di lemari. Maka sekolah memerlukan bantuan untuk Menyusun buku induk agar lebih mudah diakses.

Pentingnya Buku Induk Siswa

Sama seperti aplikasi bel sekolah yang begitu penting, pentingnya buku induk sekolah diibaratkan sebagai jantung dari sekolah itu sendiri. Proses input data siswa secara detail pada buku ini bertujuan jika nanti terdapat alumni dari puluhan tahun lalu menghilangkan ijazah kemudian meminta ke sekolah maka buku tersebut dapat menjadi bukti.

Bukti dari buku induk itulah yang dapat menjelaskan dari awal masuk siswa, nilai per semester hingga pada kelulusannya. Buku induk siswa juga memiliki fungsi sebagai bahan pendukung akreditasi. Buku ini dapat menunjukkan perkembangan siswa selama sekolah. Adapun hal penting dari buku induk yaitu:

  • Sebagai penentu atau pertimbangan dalam memilih siswa untuk mendapatkan bantuan dana
  • Menganalisis perkembangan siswa selama belajar dan bersekolah dari awal masuk hingga lulus
  • Dapat mengecek kondisi siswa baik di luar rumah atau di lingkungan sekolah melalui data diri orang tua dan siswa
  • Menjadi bukti untuk keterangan bahwa siswa tersebut benar bersekolah di sekolah itu
  • Buku induk siswa sebagai syarat dari akreditasi sekolah
BACA JUGA  Aplikasi Kamera Tembus Pandang Untuk BlackBerry yang Mudah Penggunaannya

Beberapa Aplikasi Buku Induk Siswa Full Version Free

Buku induk siswa yang tertulis secara manual akan memberikan dampak bagi kerusakan atau daya tahan buku yang tidak dapat bertahan lama. Bahkan setelah waktu berlalu akan sulit untuk mencari informasi dari siswa atau alumni.

Umumnya pencatatan data diri siswa masuk pada data siswa yang telah lolos seleksi oleh pihak sekolah. Siswa menuliskan sendiri data diri dan mengumpulkan ke wali kelas. Pencatatan data prestasi atau nilai ada pada akhir semester. Berikut beberapa aplikasi buku induk siswa full version free antara lain:

1. Buku Induk Siswa Full Version(Biodata)

Aplikasi ini khusus pada biodata diri siswa beserta orang tua. Adapun berbagai fitur pada aplikasi ini yaitu memiliki kelengkapan biodata hingga tiga halaman, dapat melakukan print dalam sekali klik, serta menyediakan kolom yang dapat memasukkan foto siswa.

Hal ini berguna untuk memudahkan proses administrasi berupa data diri saja tidak tercampur dengan informasi mengenai pendidikan atau prestasi siswa. Input data diri siswa berupa nomor induk, nisn, nik, nama orang tua, pekerjaan, alamat dan lain sebagainya.

2. Dua Aplikasi Buku Induk

Aplikasi ini memiliki akses secara gratis dengan dua file full version. Dua aplikasi buku induk memberikan kemudahan dalam format buku induk xls yang menyesuaikan dengan standar pada Menteri Pendidikan. Fitur yang ada juga lebih bagus dan menarik.

Pengisian data diri lebih lengkap berupa data siswa, orang tua, riwayat pendidikan. Aplikasi ini menyediakan tampilan yang lebih rapi dan canggih. File yang ada pada aplikasi ini memiliki ukuran yang kecil sekitar 5 hingga 3 MB.

3. Buku Induk Siswa Full Version

Aplikasi ini lebih lengkap dibandingkan dengan aplikasi di atas. Buku ini memiliki fitur lengkap dalam satu file dan bisa memperoleh secara gratis. Buku induk siswa ini memberikan format berupa xls yang mudah dalam penggunaannya.

Memiliki fitur yaitu tampilan dengan bentuk simbol simbol sehingaa saat membuka aplikasi harus menekan simbol yang ada di menu utama. Ada pilihan menu berupa kurikulum lama dan kurikulum baru. Terakhir aplikasi ini memiliki menu dalam input data sekolah, absen, register, dan lain sebagainya.

BACA JUGA  Aplikasi Bel Sekolah Otomatis Bedug Mudah Dalam Pengaplikasian

4. Cetak Buku Induk Manual K13

Aplikasi cetak buku induk manual k13 memberikan layanan pengisian data yang siap dan mudah untuk print file langsung. Adapun aplikasi ini memberikan panduan secara lengkat tentang uruta pencetakan file dan pastinya dapat memperoleh secara gratis, sama seperti aplikasi foto terbang melayang yang bisa Anda dapatkan secara gratis.

Aplikasi ini menyediakan format buku induk siswa secara lengkap sehingga akan memudahkan proses input bagi staff administrasi sekolah. Apabila ingin menambah kolom pada data maka caranya juga mudah. Hanya dengan klik dan melakukan proses input data melalui template yang telah ada.

Penjelasan NISN

Pada buku induk siswa pasti menuliskan NISN pada kolom awal sendiri. NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional merupakan kode bagi siswa sebagai tanda pengenal identitas berupa angka. Kode ini berfungsi untuk membedakan antar siswa dari sekolah lain.

NISN berguna agar siswa dapat memperoleh bantuan operasional sekolah, bantuan operasional pendidikan, Indonesia pintar, masuk perguruan tinggi dan program pemerintah lainnya. Setiap siswa mendapatkan nomor ini dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Dengan adanya NISN maka status siswa akan terdaftar pada aplikasi Dapodik. Kode ini akan berlaku seumur hidup. Dalam memperoleh NISN maka siswa memiliki syarat harus terdaftar pada sekolah atau lembaga yang telah tercatat pada dapodik. Nantinya data tersebut akan mendapat verifikasi dari sekolah.

Pentingnya NISN

Setiap siswa yang memiliki NISN pasti telah terakui oleh sekolah dan pemerintah sebagai siswa dan tercatat dalam data Dapodik. Dapodik merupakan sistem yang dirancang oleh pemerintah khusus pada pendidikan.

Fungsinya sebagai pemetaan kebutuhan sekolah dari data yang telah mendapat akses oleh sekolah misalnya kebutuhan pengajar, tunjangan, pemetaan zonasi, jumlah bantuan, kondisi sarana dan prasarana, dan lain-lain. Adapun hal-hal penting dari adanya NISN bagi siswa adalah sebagai berikut:

  • Menjadi validasi akan status siswa yang terdaftar dari Kemendikbud serta sekolah karena NISN tidak dapat berubah dan akan berlaku selamanya
  • Menjadi salah satu syarat mendaftar ke perguruan tinggi seperti ujian masuk melalui rapot atau ujian tulis
  • Mengecek perkembangan siswa dalam melihat keberhasilan pendidikan yang telah mereka jalankan
  • Dapat melihat riwayat pendidikan mulai dari data mutase hingga kelulusan bahkan putus sekolah
  • Menganalisis data siswa yang putus sekolah sehingga dapat meminimalisir di kemudian hari

Demikian informasi seputar kegunaan buku induk siswa dan beberapa aplikasi buku induk siswa full version free dari liputan times yang dapat digunakan dengan mudah dan gratis. Aplikasi ini memudahkan bagian administrasi dalam mendata setiap siswa.